Penggagalan Penyelundupan Narkoba Dari Luar Negeri Melalui Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta

posted in: Berita Jogja | 0

Yogyakarta, 28 Agustus 2019 –  Senin, 29 Juli 2019 sekira pukul 11:30 WIB Petugas Bea Cukai yang bertugas di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Adisucipto telah melakukan penindakan terhadap seorang penumpang Air Asia flight no AK346 rute Kuala Lumpur-Yogyakarta. Berdasarkan pengamatan petugas di dapati perempuan berinisial ‘RDA’ alias ‘ACHA’ (23) berkebangsaan Indonesia melakukan gerak gerik yang mencurigakan ketika melewati tempat pemeriksaan bea cukai. Petugas melakukan pemeriksaan badan (body check) sehingga didapati 5 bungkusan plastik berisi obat-obatan yang disembunyikan secara melawan hukum di dalam pakaian dalam (breast holder/BH) yang di pakai ‘ACHA’.

Berdasarkan hasil uji awal menggunakan narcotest dan uji laboratorium, pil obat-obatan tersebut teridentifikasi sebagai psikotropika jenis happy five berjumlah 484 butir (empat ratus delapan puluh empat butir) dan narkotika jenis ekstasi (inex) berjumlah 9,5 butir (sembilan koma lima butir).

Selanjutnya ‘ACHA’ bersama barang bukti dibawa oleh petugas Bea Cukai dibantu oleh Petugas Lanud AAU Adisucipto dan Pegawai Angkasa Pura 1 (Avsec) ke KPPBC Tipe Madya Pabean B Yogyakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Bea Cukai berkoordinasi dengan Direktorat Reserse Narkoba Polda D.I. Yogyakarta melakukan pengembangan kasus penyelundupan narkoba tersebut. Terhadap tersangka dan barang bukti telah dilimpahkan ke Direktorat Reserve Narkoba Polda DIY untuk penanganan perkara selanjutnya.

Kegiatan pemasukan (impor) Narkoba dan Psikotropika tanpa izin tersebut melanggar ketentuan Pasal 112 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

Leave a Reply