KOMUNIKASI TANPA BATAS DALAM DUNIA DIGITAL

posted in: Berita Jogja | 0

Banyak yang menyebut kalau era sekarang ini disebut dengan era milenial, dimana banyak hal yang dilakukan dalam dunia digital. Hal ini tidak hanya berlaku pada perorangan saja, tapi juga berlaku juga pada perusahaan.

Sebagai orang yang menjadi representasi perusahaan, seorang public relations atau humas diharapkan juga paham mengenai berkembangnya dunia digital saat ini.

Menurut Ketua Himpunan Humas Hotel Yogyakarta, Sankar Adityas, saat ini fungsi seorang Public Relations tidak hanya sebagai pengirim pesan satu arah antara perusahaan dengan publik, namun juga telah berkembang sebagai mitra dan menjalin kolaborasi dengan publik.

Hal ini disampaikan dalam acara Public Relations Workshop 1.0 yang diadakan oleh Himpunan Humas Hotel Yogyakarta. Acara yang mengambil tema New Age Of Communication: Public Relations in Digital World ini menghadirkan juga para praktisi Public Relations Hotel, Benk Mintosih (General Manager Star Hotel Semarang), Ayu Kusumaningtyas (CEO Service Excellence.ce Institute), dan Teguh Triguna (Pendiri Chalkboard Asia).

Ayu Kusumaningtyas mengatakan kalau komunikasi dalam dunia digital saat ini bisa dibilang menjadi tanpa batas, karena publik juga  bisa berinteraksi dan menjadi penyambung lidah suatu perusahaan. Namun yang perlu dicermati adalah dengan tanpa batasnya komunikasi dalam dunia digital ini, publik yang memberikan tanggapan atau komentar kepada suatu berita dapat dengan mudah membalik berita yang positif jadi negatif dan bahkan memberikan komentar yang tidak sepantasnya. Dengan alasan inilah, event Public Relations Workshop 1.0 diselenggarakan.

Untuk itu, seorang Public Relation harus tau kegiatan apa yang dapat disiapkan untuk menghadapi masa-masa krisis tersebut.

Leave a Reply