Gereja Ghotic Sayidan, Bangunan Unik Penuh Kisah Mistik

 

Meskipun nama populernya adalah Gereja Sayidan, atau Gereja Gotik Sayidan, sebenarnya bangunan ini bukan rumah ibadah. Meskipun ada tanda-tanda salip di puncak-puncak menaranya, dan ada patung Yesus di sisi depannya dalam ukuran yang cukup mencolok mata, bangunan ini sebenarnya hanya rumah tinggal biasa. Hanya karena gaya bangunan yang menonjolkan simbol-simbol religius tadi itulah yang membuat warga sekitar menyebutnya gereja.

 

Tak hanya simbol-simbolnya yang menarik, gaya bangunan secara keseluruhan juga unik. Menara-menaranya yang lancip persis seperti kastil-kastil tua di Eropa. Didukung oleh penampilannya yang dirambati tanaman menjalar, cat warna putih yang mulai pudar dan mengelupas di sana sini, kesan yang diperoleh saat siapapun melihat bangunan ini adalah… kuno. Serem? Pasti. Apalagi banyak beredar cerita mistis seputar bangunan ini.

 

 

 

Namun yang mengejutkan, bangunan ini sejatinya adalah rumah tinggal biasa. Dan yang lebih mengejutkan lagi, rumah yang aslinya dibangun pada tahun 1979 ini telah mengalami renovasi sekitar tahun 1987 hingga tampak gotik seperti sekarang. Pada tahun 2000, Hak Guna Bangunan telah habis, sehingga keluarga yang menghuni rumah ini hengkang, dan pada tahun 2004 rumah ini diresmikan sebagai cagar budaya walaupun usia bangunannya tak sampai dua dekade.

Leave a Reply