Diskon akhir tahu!!! Hati-Hati Saat Berbelanja Kosmetik

Akhir tahun tentu menjadi ajang berburu diskon. Banyak sekali dikson yang ditawarkan dari berbagai toko dan merk ternama bahkan juga toko online. Mulai dari barang kebutuhan rumah tangga, baju, sepatu, tas hingga kosmetik dibandrol dengan harga sangat miring. Bagi sahabat Jogfam yang tak mau ketinggalan gebyar diskon ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berbelanja.

  1. Buat Daftar Belanja Dan Budgednya

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat daftar belanjaan dan budged yang akan dikeluarkan. Diskon kerapkali membuat seseorang belanja secara impulsive dan kalap. Sehingga untuk menghindari hal tersebut Sahabat Jogfam perlu untuk membuat daftar belanjaan agar bisa mengendalikan diri saat melihat diskon.

  1. Teliti Dalam Melakukan Perhitungan

Saat melihat label diskon pastikan perhitungannya tepat. Jangan tertipu dengan diskon ganda yang biasanya diberikan oleh toko-toko. Diskon 50% + 20% tentu berbeda dengan diskon 70%. Misalnya baju seharga Rp100 ribu jika didiskon sebesar 70% maka menjadi: 100.000 x 70% = 70.000. Setelah dikurangi diskon, baju tersebut menjadi seharga (Rp100 ribu-Rp70 ribu = Rp30 ribu). Lain dengan diskon 50%+20%. Berikut cara menghitungnya: 100.000 x 50% = 50.000. Setelah dikurangi diskon berarti baju tersebut menjadi seharga (Rp100 ribu – Rp50 ribu = Rp50 ribu). Harga Rp 50 ribu kemudian dikurangi diskon 20% menjadi: 50.000 x 20% = 10.000. Total yang harus dibayar adalah (Rp50 ribu – Rp10 ribu = Rp40 ribu).

  1. Cari Informasi Tentang Harga Asli

Seringnya barang yang kita beli masih terasa mahal meski sudah diberi potongan harga hingga 90% sekali pun. Bisa jadi harga ini terjadi karena  sebelum diberi diskon, toko telah menaikkan harga bahkan hingga 60% dari harga asli. Sehingga sebenarnya diskon yang kita dapat hanya sebesar 10 %.

  1. Bandingkan Dengan Toko Lain

Biasanya beda toko akan memberi diskon yang berbeda pula. Untuk mendapatkan harga yang termurah Sahabat Jogfam jangan malas untuk mencoba melihat-lihat toko yang lain. Hal ini untuk membandingkan harga yang ditawarkan untuk barang yang sama.

  1. Teliti Kualitas Produk

Banyak diskon bukan berarti membuat kita tidak teliti dalam berbelanja. Toko-toko yang memberi diskon biasanya untuk cuci gudang atau menghabiskan sisa stok barang. Tak jarang toko mengeluarkan barang reject. Barang reject adalah barang yang memiliki kecacatan namun tetap dijual. Oleh sebab itu, Sahabat Jogfam perlu untuk cermat dalam melihat barangnya ya.

Leave a Reply