Bertahan Menyikapi New Normal dalam Bisnis

Dampak perekonomian Indonesia sejak kasus pertama penyebaran Covid-19 di Indonesia begitu signifikan. Salah satunya adalah dunia usaha yang terus mengalami penurunan dalam pendapatannya karena pembatasan sosial maupun pembatasan dalam pergerakan ekonomi. Menyikapi hal tersebut, bersama dengan Pemerintah dan masyarakat, UGM melakukan segala upaya untuk ikut berkontribusi.

Dukungan yang diberikan UGM melalui UGM STP, Innovative Academy, PT GIB (Gama Inovasi Berdikari), GMUM, SWARAGAMA sebagai exclusive media partner, dan Swaragama Training Center sebagai penyelenggara mengadakan pelatihan melalui webinar kepada para pelaku usaha dengan program Webinar RISE! 1.0 | Business 101: Learning to Unlearn yang memiliki filosofi Resilience, Integrity, Scale up, dan Entrepreneurial Mindset.

Suasana program Webinar RISE! 1.0 | Business 101: Learning to Unlearn pada 9 Juni 2020.

 

Resilience yang mempunyai arti tahan banting merupakan bagaimana para pelaku bisnis dapat menghadapi situasi krisis bagaimana pelaku bisnis dapat menyelesaikan konflik, mengubah perubahan yang destruktif menjadi arah baru, belajar dari proses, dan menjadi lebih sukses dan puas dalam proses tersebut. Hal kedua yang sama pentingnya adalah Integrity. Integrity di sini berarti bagaimana pelaku usaha melakukan hal yang tepat karena hal tersebut merupakan hal yang tepat untuk dilakukan.

Ketiga, Scale up berarti pelaku usaha tidak hanya mempunyai tujuan untuk menjadi suatu hal yang lebih besar atau lebih baik dari kompetitornya, tetapi juga bagaimana para pelaku usaha dapat menerapkan sebuah sistem dan menyusun strategi untuk scaling-up. Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah Entrepreneurial Mindset. Hal ini mencakup pelaku bisnis memiliki cara untuk menghadapi tantangan dan kesalahan dalam bisnis.

Program ini dihadiri oleh Prof. Dr. Paripurna, SH, M.Hum., LL.M – UGM sebagai keynote speaker yang menyampaikan bahwa UGM bisa menjadi pelopor dalam memberikan dukungan untuk pelaku bisnis di era new normal ini dalam bentuk insight serta pemikiran-pemikiran baru. Diharapkan dengan adanya program ini, para pelaku bisnis dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi dan fokus dengan proses unlearn dalam membuat keputusan dalam strategi bisnis.

Peserta program Webinar RISE! 1.0 | Business 101: Learning to Unlearn.

 

Acara ini pertama kali dilaksanakan pada 9 Juni 2020 yang diisi oleh Muh Sahli sebagai narasumber dalam diskusi bagaimana PT RMU (Reska Multi Usaha) yang dipimpinnya dengan 14.000 lebih karyawan dapat bertahan dalam masa pandemi ini. Nantinya, Program Webinar RISE! 1.0 ini akan dilaksanakan secara berkala setiap minggu dengan tujuan dapat menginspirasi para pelaku bisnis dari setiap narasumber yang kompeten pada bidangnya.

Leave a Reply