Astragraphia Mendorong Aktor Pertumbuhan Industri Kreatif Lokal

posted in: news | 0

PT Astra Graphia Tbk bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA) menyelenggarakan diskusi bersama media tentang Peran Desain Grafis untuk Industri Lokal. Diskusi ini diadakan di Kedai Kolega, Yogyatourium Dagadu Djokdja. Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif, subsektor DKV, Film/ Animasi/ Video, Seni Pertunjukan dan TV/ Radio merupakan salah satu subsektor potensial yang mengalami  pertumbuhan tertinggi tahun 2016.

Dalam kesempatan itu, Yuana Rochma Astuti, Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Deputi Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) mengatakan bahwa industri kreatif Indonesia telah menjadi motor penggerak perekonomian nasional. DKV merupakan salah satu dari 4 subsektor ekonomi kreatif yang mengalami pertumbuhan pesat, sebesar 8,98% di tahun 2016. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa DKV memiliki peran penting dan mampu memberikan dampak besar terhadap subsektor ekonomi kreatif seperti kuliner, fashion, dan kriya.

Yogyakarta merupakan satu dari 5 provinsi di Indonesia yang menyumpang PDB Ekonomi Kreatif terbesar pada tahun 2016. Selain itu, Yogyakarta juga merupakan salah satu provinsi dengan persebaran pelaku kreatid DKV terbesar selain Bandung dan DKI Jakarta. Meningkatnya kebutuhan akan Desain Komunikasi Visual memberi dampak terhadap sektor ekonomi kreatif lain.

Perkembangan industri kreatif Indonesia yang pesat tersebut menginisiasi Astragraphia Document Solution untuk turut berkontribusi terhadap insdustri kreatif lokal. Sebagai distributor eksklusif Fuji Xerox, Astragraphia Document Solution memperkenalkan mesin Iridesse Production Press untuk pasar Indonesia pada 2018 dan telah menghadirkan mesin tersebut di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu juga turut memberikan edukasi kepada para mahasiswa desain grafis di kota-kota Production press di 3 printshop lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mangara Pangaribuan, Direktur PT Astra Graphia Tbk mengungkapkan bahwa Astragraphia berkomitmen untuk mendukung industri kreatif lokal secara end-to-end dengan berfokus pada aspek People, Process, dan Technology. Bentuk dukungan terhadap industri kreatif Yogyakarta diwujudkan oleh Astragraphia Document Soution bersama dengan AIDIA melalui serangkaian acarra yang dimulai dari tanggal 20-30 November 2019. Rangkaian acara berisi edukasi berupa workhshop tentang aplokasi desain special colour dan finishing produk desain kepadda para mahasiswa, akademisi DKV, dan desainer grafis profesional.

Leave a Reply